Yuk, Ikuti 7 Tips Meningkatkan Daya Ingat

Siapa nih di antara kamu yang masih sering lupa dan kurang konsentrasi? Sudah coba membuat catatan tapi masih gagal paham dengan materi pelajaran? Duh, kalau dibiarkan bisa menurunkan prestasi belajar kamu lho. Kamu  nggak perlu khawatir ya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai penyebab dan tips meningkatkan daya ingat agar belajar makin efektif. Yuk, simak sampai tuntas ya.

Kenapa orang sering kesulitan untuk mengingat?

Nah, sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara meningkatkan daya ingat, kamu perlu tahu tentang faktor yang menyebabkan sering lupa dan sulit berkonsentrasi.

Walaupun hal yang wajar, sering lupa dan kurang konsentrasi bisa menjadi masalah besar jika terjadi terus-menerus. Biar lebih jelas, berikut beberapa faktor yang membuat sering lupa, antara lain:

1. Kurang Tidur

Sejumlah studi menunjukan bahwa orang yang kurang tidur atau mengalami gangguan tidur, cenderung sering lupa dan kesulitan untuk fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya, saat kamu mengikuti proses pembelajaran sering tidak fokus. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya jam tidur, otak pun menjadi bermasalah saat memproses informasi.

2. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk dapat memicu penurunan fungsi otak diantaranya menurunnya daya ingat dan konsentrasi dalam sehari-hari terutama dalam aktivitas belajar kamu. Seseorang yang mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak jenuh cenderung memiliki ingatan yang lebih buruk.

3. Gangguan Tiroid

Gangguan pada fungsi tiroid, seperti Hipotiroidisme, dapat menyebabkan proses metabolisme nutrisi dan pengolahan energi untuk menunjang fungsi sel tubuh termasuk sel saraf otak menjadi lambat. Hal ini menyebabkan orang yang mengalami gangguan tiroid menjadi sering lupa.

4. Kecemasan dan Depresi

Saat kamu depresi dan stress, pikiranmu akan kacau dan terganggu. Akibatnya, kamu akan mengalami penurunan semangat dan kreativitas. Jika dibiarkan berlarut, stress dan depresi dapat memicu trauma emosional yang mengarah pada kehilangan ingatan.

Nah, kamu sudah mengetahui penyebab sering lupa dan sulit berkonsentrasi. Dari beberapa penyebab di atas, kamu dapat memperoleh bahwa daya ingat dan konsentrasi erat kaitannya dengan fungsi otak.

tips meningkatkan daya ingat
Sumber: wowkeren.com

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Jika kamu ingin memiliki daya ingat dan konsentrasi yang baik, kesehatan otak harus tetap terjaga dan terpenuhi nutrisinya. Dilansir dari laman alodokter.com, salah satu tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat adalah menjalani pola hidup sehat, antara lain:

1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Tentunya, otak memerlukan asupan makanan begizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, menjauhi minuman yang mengandung alkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

2. Rutin Berolahraga

Ada beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, anatar lain:

  • Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak
  • Mengurangi peradangan
  • Mendorong perkembangan sel saraf baru
  • Mengurangi resistensi insulin
  • Merangsang pelepasan zat kimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak

Kamu disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

3. Melakukan Senam Otak

Kamu bisa melatih otak agar kemampuannya tetap terjaga, seperti mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

4. Membiasakan Diri Mengorganisir Hal-hal Kecil

Kamu bisa memulai dengan merapikan barang-barang pribadi di sekitarmu. Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan tersusun kembali mengenai informasi-informasi yang sudah terjadi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memiliki waktu tidur yang cukup agar terbebas dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantumu untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

6. Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

tips meningkatkan daya ingat
Sumber: google foto

7. Membuat Catatan Pengingat

Kamu bisa membuat catatan tentang hal-hal penting apa saja yang harus kamu lakukan. Sebaiknya, kamu juga membuat prioritas tufas atau pekerjaan dan lakukan satu pekerjaan pada satu waktu. Hal ini dapat membantu konsentrasi kamu tidak terganggu.

Selain itu, sebaiknya kamu mematikan telepon genggam agar tidak mengganggu konsentrasi kamu ketika sedang belajar.

Nah, cara-cara di atas bisa kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Akan tetapi, jika daya ingat dan konsentrasi tak kunjung membaik, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Sebab, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan sesuai dengan keluhan yang kamu alami. Semangat ya.

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/coba-pelajari-cara-meningkatkan-daya-ingat-di-sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.