Yuk, Simak 6 Tips Lolos SNMPTN 2022 untuk Diterima di Perguruan Tinggi

Pendaftaran SNMPTN tinggal menghitung hari lagi nih. Apakah kamu sudah yakin memiliki peluang untuk mengikuti jalur SNMPTN? Tentunya, kalau kamu bisa ikut jalur ini menjadi kesempatan yang baik. Nah, agar bisa diterima di jurusan dan PTN impian, kamu perlu tahu tips lolos SNMPTN yang jitu.

Jalur SNMPTN juga disebut sebagai jalur undangan. Mengapa demikian? Melalui jalur ini, kamu nggak perlu mengerjakan ujian, seperti UTBK. Akan tetapi, kamu perlu mengumpulkan nilai rapor yang baik. Ada juga portofolio untuk memilih jurusan tertentu yang perlu kamu siapkan.

Oleh karena itu, prestasi akademik dan portofolio sebagai penilaian terhadap kemampuanmu dalam SNMPTN. Nah, karena pendaftaran SNMPTN semakin dekat, kamu perlu memiliki bekal strategi agar bisa lolos diterima di perguruan tinggi impianmu. Yuk, simak tips lolos SNMPTN yang bisa kamu aplikasikan dari sekarang ya.

1. Perhatikan Grafik Nilai Rapor

Indikator penilaian yang digunakan dalam jalur SNMPTN adalah nilai rapor siswa dari semester 1 hingga semester 5. Kamu perlu memastikan bahwa nilai rapormu stabil atau konsisten.

Perlu dicermati juga bahwa tidak semua pelajaran yang dilihat nilainya ya, tetapi hanya mata pelajaran yang memiliki korelasi dengan jurusan yang akan menjadi pilihanmu. Misalnya, kamu memilih Fakultas Kedokteran berarti nilai yang akan dilihat berfokus pada pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

tips lolos snmptn
Sumber: google foto

2. Pahami Ketentuan Dasar Jalur SNMPTN

Setiap sekolah akan diberikan kuota penerimaan yang berbeda dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Kuota penerimaan ditentukan berdasarkan indeks sekolah.

Nah, kriteria pada indeks sekolah di antaranya akreditasi sekolah, prestasi alumni di perguruan tinggi, dan prestasi sekolahmu.

Jika dilansir dari laman resmi LTMPT, ketentuan kuota penerimaan di jalur SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut.

  • A sebanyak 40%
  • B sebanyak 25%
  • C dan lainnya sebanyak 5%

3. Cari Tahu Informasi mengenai Pilihan Jurusan di Perguruan Tinggi yang Diinginkan

Informasi Jurusan dan Perguruan Tinggi sebagai dasar pertimbangan dalam memilih jurusan yang diinginkan. Selain informasi substansial mengenai jurusan pilihanmu, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, prospek kerja, akreditasi jurusan, dan sebagainya, kamu perlu mengetahui informasi terkait penerimaan jurusan yang sesuai dengan pilihanmu.

Informasi yang perlu dicari tahu adalah kuota daya tampung, jumlah pendaftar, jumlah diterima, hingga sebaran siswa diterima berdasarkan jurusan SMA dan provinsi.

Misalnya, cari tahu peluang kamu untuk lolos di jurusan yang dipilih dengan melihat daya tampung serta peminatnya di tahun sebelumnya. Kamu bisa langsung cek di laman resmi perguruan tinggi masing-masing, atau di laman resmi LTMPT.

Selanjutnya, cek perbandingan siswa yang mendaftar dengan daya tampung yang disediakan. Apabila jurusan pilihanmu memiliki persaingan yang ketat, maka kamu perlu meninjau ulang nilai kamu. Dengan demikian, kamu akan memperoleh strategi dalam memilih jurusan.

4. Siapkan Portofolio dan Sertifikat Prestasi

Tidak hanya nilai rapor saja, portofolio dan sertifikat prestasi di luar sekolah akan menjadi nilai tambah dalam SNMPTN. Portofolio wajib dilampirkan saat pendaftaran SNMPTN bagi kamu yang memilih jurusan di bidang Seni dan Olahraga.

tips lolos snmptn
Sumber: google foto

Kamu bisa membuat portofolio terbaik dalam bentuk dokumentasi karya atau penampilan khusus sesuai dengan ketentuan setiap bidang. Selain itu, kamu bisa mencantumkan sertifikat dalam bentuk piagam prestasi dari kompetisi atau lomba yang pernah diikuti.

Portofolio dan sertifikat prestasi tersebut akan memberikan peluang terbaik untuk lolos diterima pada jalur SNMPTN. Jadi, cantumkan kedua hal tersebut ketika kamu mendaftar SNMPTN ya.

5. Mencari Tahu Ketentuan Khusus Setiap Perguruan Tinggi

Selain informasi mengenai daya tampung dan tingkat persaingan di jurusan, kamu juga harus memperhatikan aturan khusus yang dimiliki oleh masing-masing perguruan Misalnya, untuk lintas jurusan biasanya sudah diatur oleh kebijakan setiap perguruan tinggi.

Hal ini mengacu pada apakah kamu bisa atau tidak mengambil jurusan di bidang yang berbeda dengan SMA/SMK.

6. Mencatat Timeline Penting terkait Pelaksanaan SNMPTN

Setelah mempersiapkan diri dan nilai rapor serta memastikan jurusan yang akan dipilih, kamu perlu membuat timeline yang berisi tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN, seperti tanggal menginput nilai rapor, verivikasi berkas dan pendaftaran berlangsung.

Jika kamu memiliki timeline yang jelas, maka kamu bisa mengatur waktu untuk menyiapkan segala berkas, portofolio, dan nilai rapor. Sebab, jika kamu sampai terlewat tanggal yang dijadwalkan, maka kesempatan untuk mendaftar akan hangus. Jadi, cek dan catat tanggalnya dengan baik ya.

Nah, apakah kamu sudah memantapkan nilai rapor dan jurusan kamu? Semoga artikel di atas bisa memudahkanmu dalam menyusun strategi dalam mendaftar SNMPTN. Semangat dan pantang menyerah dalam meraih kampus impianmu ya.

 

 

 

Sumber:

https://ltmpt.ac.id

https://www.ruangguru.com/blog/tips-lolos-snmptn

https://edukasi.sindonews.com/read/641769/211/pendaftaran-segera-dibuka-berikut-5-tips-lolos-snmptn-2022-1640711566?showpage=all

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.