PTN dan Program Studi Paling Diminati di UTBK SBMPTN

Apakah kamu sudah punya strategi untuk bisa masuk ke jurusan dan kampus impian? Kamu butuh banget strategi untuk bisa lolos UTBK SBMPTN. Nah, salah satunya adalah melihat jumlah peminat dibandingkan dengan daya tampung di tahun sebelumnya.

Jadi, kamu perlu punya gambaran bagaimana peminat UTBK SBMPTN di setiap jurusan. Kamu akan termotivasi untuk berusaha belajar lebih giat. Selain itu, kamu bisa memilih jurusan dan kampus yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Jalur SBMPTN selalu ramai diserbu calon mahasiswa baru karena kuotanya yang besar. Perbandingan kuota SNMPTN sebesar 20 persen, SBMPTN sebesar 40 persen, dan Seleksi Mandiri sebesar 30 persen.

Jumlah Pendaftar UTBK SBMPTN 2021

Daya tampung SBMPTN 2021 itu berada di angka 197.657 peserta yang bisa diterima. Secara lebih detail, penjabaran nilai hasil seleksi peserta SBMPTN 2021, adalah sebagai berikut.

  • Kelompok ujian Saintek dengan peminat berjumlah 336.834 peserta. Peserta yang diterima sebanyak 85.149.
  • Kelompok ujian Soshum dengan peminat berjumlah 378.556 peserta. Peserta yang diterima sebanyak 83.836.
  • Kelompok ujian Saintek dan Soshum dengan peminat berjumlah 62.468 peserta. Peserta yang diterima sebanyak 15.957.

Nah, perbandingan peminat dengan peserta yang diterima sangat fantastis angkanya. Hal itu menunjukkan ketatnya persaingan di jalur UTBK SNMPTN.

Baca juga: 7 Cara Mencari Tahu Minat dan Bakat untuk Memilih Jurusan

PTN dan Program Studi yang Paling Diminati

Dilansir dari kompas.com, ada 10 kampus beserta program studi yang paling diminati oleh calon mahasiswa di UTBK SBMPTN. Yuk, kita simak daftarnya berikut ini.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat pertama sebagai kampus negeri yang paling banyak diminati di UTBK SBMPTN. Tercatat ada 62.507 peserta yang mendaftar ke kampus ini. Program studi Saintek favorit di UGM yaitu Kedokeran dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.565 orang. Kemudian, program suti Soshum yang paling diminati adalah Psikologi dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.655.

2. Universitas Brawijaya

Selanjutnya, Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi kedua dengan jumlah peminat sebanyak 61.743 peserta. Sama halnya dengan UGM, Universitas Brawijaya memiliki jurusan favorit Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.847.

Selain itu, program studi Soshum yang menjadi favorit di UB adalah Hukum dengan peminat sebanyak 2.992 peserta.

3. Universitas Padjajaran

Peserta UTBK SBMPTN 2021 yang mendaftar ke Universitas Padjajaran mencapai angka yang masih fantastis dengan kedua universitas di atas yaitu 56.446 peserta. Program studi Saintek yang memiliki peminat terbanyak adalah Psikologi sejumlah 3.189 peminat.

Selain itu, program studi Soshum yang paling favorit adalah Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 3.408.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menempati posisi keempat dengan pendaftar terbanyak di UTBK yaitu 54.897 orang. Sama halnya dengan UGM dan UB, program studi Kedokteran menjadi yang paling favorit dengan peminat sebanyak 2.747.

Selain itu, program studi Soshum yang paling banyak diminati di kampus ini adalah Komunikasi dengan jumlah peminat sebanyak 1.997.

program studi paling diminati di UTBK SBMPTN
Sumber: google foto

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) memperoleh pendaftar sebanyak 51.947 orang. Program studi Saintek yang paling banyak diminati adalah Farmasi dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.581.

Sementara itu, program studi Soshum yang paling favorit adalah Komunikasi dengan pendaftar terbanyak sebesar 1.871.

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) memperoleh pendaftar sebanyak 51.418 di UTBK SBMPTN. Program studi yang paling diminati adalah Kedokteran yang mencapai 2.583 pendaftar.

Sementara itu, Psikologi menjadi rumpun Soshum yang paling banyak dengan jumlah pendaftar sebnayak 3.401.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peminat PTN ini lumayan tinggi dan tercatat 45.767 siswa yang mendaftar ke sana. Tidak hanya pendidikan, jurusan lain pun jadi favorit para peserta UTBK. Seperti Ilmu Komputer dengan 1.001 peminat di rumpun Saintek serta Komunikasi yang memiliki 1.731 pendaftar di rumpun Soshum.

program studi paling diminati di UTBK SBMPTN
Sumber: google foto

8. Universitas Negeri Yogyakarta

Selain UGM, Yogyakarta juga punya kampus favorit lain yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ada 42.542 peserta yang memilih UNY di UTBK. Teknik Sipil menjadi program studi Saintek dengan peminat tertinggi yaitu 987 pendaftar.

Di sisi lain, Komunikasi masih menempati program studi Soshum terketat dengan jumlah peminat mencapai 2.671.

9. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memiliki jumlah pendaftar sebanyak 39.542 orang. Peminat terbanyak ada di program studi Ilmu Komputer sebanyak 1.079 dan Psikologi sebanyak 3.536 orang.

10. Universitas Sumatera Utara

Sebanyak 33.448 siswa mendaftar ke PTN ini. Prodi Saintek terketat USU jatuh kepada Pendidikan Dokter dengan 1.970 peminat. Sedangkan Hukum menjadi prodi Soshum favorit karena mencapai 2.949 pendaftar.

Nah, itulah tadi PTN dan program studi paling diminati di UTBK SBMPTN. Apakah kamu sudah memiliki gambaran akan memilih jurusan dan kampus yang mana? Yuk, tentukan mulai dari sekarang dengan beberapa pertimbangan yang sudah kamu miliki. Semangat dan pantang menyerah mencapai kampus impian guys.

 

Sumber:

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/09/090732271/10-ptn-paling-diminati-selama-sbmptn-bisa-jadi-referensi-2022?page=all

https://www.ruangguru.com/blog/program-studi-saintek-dan-soshum-paling-diminati-di-sbmptn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.