Kenali 7 Kesalahan dalam Persiapan UTBK SBMPTN

Bagi kamu yang belum bisa ikut SNMPTN, nggak usah khawatir guys. Masih ada peluang bagus di UTBK SBMPTN. Meskipun waktunya masih lama, banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk SBMPTN lho. Misalnya hal yang paling penting yaitu persiapan belajar dan latihan soal.

Yakin persiapan kamu untuk lolos UTBK SBMPTN sudah tepat? Kamu perlu lebih cermat dalam melakukan persiapan menuju UTBK SBMPTN ya. Sebab, dari tahun ke tahun masih ada peserta yang kurang siap dan sering melakukan kesalahan sehingga mengalami kegagalan.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama? Tentunya, kamu perlu mengetahui kesalahan apa saja dalam persiapan UTBK SBMPTN yang harus diantisipasi bahkan dihindari. Yuk, simak penjelasannya.

1. Mulai Belajar setelah Pengumuman SNMPTN

Oke, boleh aja kamu yakin dengan hasil SNMPTN bahwa bisa lolos ke perguruan tinggi impianmu. Akan tetapi, kamu yang terlalu ngarepin SNMPTN bisa aja membuatmu lalai dan nggak belajar materi UTBK SBMPTN.

Faktanya, kuota daya tampung untuk setiap jurusan di jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit yaitu hanya 20 persen dari keseluruhan daya tampung jurusan yang bersangkutan. Sebaiknya, kamu tetap memanfaatkan peluang UTBK SBMPTN juga ya. Meskipun nilai rapormu bagus, kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk UTBK.

Perlu kamu tahu juga, mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapanmu untuk lolos SBMPTN lho. Mengapa demikian? Sebab, banyak hal yang perlu dipelajari dalam UTBK, mulai dari materi, latihan soal, hingga tryout.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mendaftar SNMPTN

2. Salah Menggunakan Strategi Belajar UTBK

Materi UTBK memiliki beragam tipe soal, mulai dari analisis bahasa, kemampuan matematika, dan lainnya. Banyak yang bingung harus mulai belajar materi UTBK dari bagian apa hingga salah dalam memilih strategi belajar. Tentunya, materi UTBK memiliki tipe soal yang memerlukan pemahaman yang mendalam dan penalaran yang baik.

Akan tetapi, banyak dari peserta yang hanya mengandalkan soal-soal UTBK yang lalu tanpa bisa benar-benar memahami materinya. Kamu nggak bisa hanya menghafal soal dan rumus lho. Hal ini menjadi kesalahan yang dikenali bagi peserta yang ingin menyiapkan UTBK.

Lalu, gimana cara terbaiknya? Kamu bisa memetakan kemampuan diri terlebih dahulu. Mulai dari memilih materi yang sudah dan belum dikuasai. Dengan demikian, kamu bisa membuat jadwal dan target belajar untuk lebih memperdalam materi.

kesalahan dalam persiapan UTBK SBMPTN
Sumber: google foto

3. Pemahaman Konsep Materi UTBK yang Lemah

Perlu ditekankan bahwa tipe soal UTBK memiliki tingkat penalaran dan pemahaman yang lebih tinggi daripada soal-soal yang pernah kamu jumpai. Soal UTBK menggunakan tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Oleh karena itu, tipe soal HOTS memerlukan pemahaman konsep yang kuat. Seringkali yang ditemukan adalah belajar dengan metode menghafal. Metode tersebut tidak tepat jika dihadapkan dengan konsep materi UTBK. Kamu perlu memahami dengan baik metode pemecahannya dengan sebuah konsep berpikir.

4. Kurang Latihan Soal dan Tidak Ikut Tryout

Kesalahan berikutnya yang bisa dijumpai adalah kurangnya latihan soal. Selain pemahaman konsep yang kuat, latihan soal UTBK menjadi hal yang penting agar kamu terbiasa menghadapi tipe setiap soal.

Selain itu, kamu juga perlu ikut simulasi UTBK melalui berbagai tryout yang diselenggarakan oleh berbagai platform belajar atau bimbingan belajar. Kamu akan menguji kemampuanmu dengan banyaknya peserta.

5. Masih Bingung untuk Memilih Jurusan dan Kampus

Kamu masih bingung dengan minat dan bakat yang diimiliki sehingga sulit menentukan jurusan dan kampus. Sebaiknya, kamu mencari terlebih dahulu mengenai kemampuan dan minat sehingga bisa segera memilih jurusan yang tepat dari sekarang.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan sudah memahami dengan jelas program studi yang akan dipilih. Kamu bisa mulai mencari informasi mengenai jurusan dan kampus mulai dari sekarang.

6. Tidak Mencari Tahu Daya Tampung dan Keketatan Persaingan

Banyaknya peserta yang gagal dalam UTBK SBMPTN adalah tidak melihat daya tampung dan keketatan persaingan dalam jurusan yang dipilih. Kamu sudah belajar dengan baik, akan tetapi memilih peluang jurusan dengan keketatan yang tinggi.

Oleh karena itu, mencari tahu daya tampung dan keketatan persaingan menjadi strategi dalam memilih jurusan sebelum UTBK SBMPTN.

7. Kurang Istirahat

Kamu sudah belajar dengan keras untuk memahami soal-soal UTBK. Akan tetapi, kamu mengesampingkan waktu istirahat. Hal ini tentunya akan bepengaruh dengan kondisi fisik dan kesehatan kamu. Jangan sampai ya, kamu sakit pada waktu pelaksanaan UTBK SBMPTN.

Jika terlalu lelah dan kurang istirahat, kamu akan kesulitan untuk memahami materi dan mengerjakan soal-soal tersebut.

kesalahan dalam persiapan UTBK SBMPTN
Sumber: google foto

Nah, apa yang sudah kamu lakukan untuk persiapan UTBK SBMPTN? Yuk, persiapkan dengan baik mulai dari sekarang dan jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam persiapan UTBK SBMPTN di atas. Kamu bisa mulai membuat kebiasaan baru dengan belajar dan latihan soal. Semangat dan pantang menyerah ya.

 

Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/hindari-kesalahan-dalam-persiapan-sbmptn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.