Jurusan Kesehatan Masyarakat: Pengertian, Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Pilihan Kampus Terbaik

Apakah kamu sebagai salah satu siswa yang memiliki minat terhadap dunia kesehatan? Tentunya, kamu sudah memiliki cita-cita untuk masuk jurusan dalam bidang kesehatan di perguruan tinggi.

Akan tetapi, kamu masih bingung ya buat menentukan pilihan. Sebab, banyaknya jurusan kesehatan di perguruan tinggi, seperti kedokteran, keperawatan, gizi, kesehatan masyarakat, dan lainnya.

Tenang aja ya, artikel berikut ini akan membahas mengenai salah satu jurusan dalam bidang kesehatan yang bisa kamu pilih. Apakah jurusannya? Nah, kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat. Yuk, simak pembahasannya sampai tuntas.

Apa itu Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Sebelum mengenali jurusan, kamu harus mengenali terlebih dahulu mengenai ilmu yang dipelajarinya. Kesehatan masyarakat adalah kombinasi suatu ilmu dan seni memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Singkatnya, Ilmu Kesehatan Masyarakat (public health) adalah ilmu untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

jurusan kesehatan masyarakat
Sumber: google foto

Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat juga memiliki tujuan meliputi menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan, metode pencegahan penyakit, serta kesehatan dalam suatu kawasan, maupun di lingkungan kerja.

Di jurusan ini, mahasiswa juga akan mempelajari tentang ilmu gizi, manajemen dan administrasi kesehatan, dan proses penyuluhan kesehatan di masyarakat.

Mata Kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kamu akan menjumpai mata kuliah di jurusan ini, antara lain sebagai berikut:

1. Dasar Biomedik

Mata kuliah Dasar Biomedik pada jurusan ini mempelajari tentang biologi sel, prinsip genetika, organisasi struktur tubuh manusia, dan menjelaskan tentang mekanisme kerja berbagai sistem tubuh manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh, serta mengidentifikasi parameter homeostasis.

2. Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat

Mata kuliah Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat di jurusan ini membahas tentang prinsip dan teori kesehatan masyarakat, instrumen kesehatan masyarakat, pencegahan penyakit, kecacatan dan kematian.

Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat di jurusan ini juga mempelajari tentang profesi kesehatan, institusi pelayanan kesehatan, dan sistem pelayanan kesehatan.

3. Etika dan Hukum Kesehatan

Jurusan ini juga mempelajari tentang etika dan hukum kesehatan. Mahasiswa diharapkan mampu mengetahui konsep etika kesehatan yakni secara umum dan kesehatan masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari konsep etika profesi atau hak asasi kesehatan.

Di mata kuliah ini, mahasiswa juga akan mendapat ilmu mengenai aspek hukum kesehatan, malpraktek baik yang terjadi pada individu atau institusi, dan informed consent.

4. Komunikasi Kesehatan

Mahasiswa jurusan ini juga membahas tentang konsep, teori, dan ruang lingkup komunikasi kesehatan masyarakat, bentuk dan model komunikasi, unsur-unsur prinsip, gangguan dan hambatan komunikasi, serta komunikasi dalam perubahan perilaku.

Tak hanya itu, Komunikasi Kesehatan dalam jurusan ini juga mempelajari aplikasi komunikasi dalam program kesehatan masyarakat dan dasar-dasar advokasi.

5. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dan definisi dasar administrasi (public and business administration) dan manajemen, konsep kebijakan yang meliputi: formulasi, implementasi, monitoring, dan evaluasi.

Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari mengenai rekomendasi dan fungsi administrasi serta manajemen, implementasi administrasi di bidang kesehatan masyarakat, translasi atau derivasi tentang kebijakan yang menjadi program kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Jurusan Kedokteran Hewan

Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Berbagai industri dan organisasi swasta juga membutuhkan ahli kesehatan masyarakat. Misalnya, bidang Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dan lainnya.

prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat
Sumber: google foto

Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu pilih:

  1. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
  2. Ahli Diet
  3. Dosen
  4. Pekerja Sosial Medis
  5. Ahli Gizi
  6. Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Pilihan Kampus dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat Terakreditasi A oleh BAN-PT

1. Universitas Muhammadiyah Aceh

Satu-satunya kampus swasta di Indonesia yang memiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat yang sudah terakreditasi A pada 2019 yang lalu lho. Kampus ini berlokasi di Lueng Bata, Banda Aceh. Kampus Unmuha lolos dengan skor memuaskan saat proses akreditasi BAN-PT pada 2017 lalu.

2. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara bahkan mengantongi predikat A saat proses akreditasi BAN-PT tahun 2018. Status A ini berlaku hingga Oktober 2023 mendatang.

3. Universitas Indonesia

Perguruan Tinggi Negeri tertua di Indonesia ini seakan menjadi gudangnya Program Studi berkualitas dan terpercaya. Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia juga sudah mengantongi predikat A yang diberikan oleh BAN-PT di tahun 2018.

4. Universitas Negeri Semarang

Kampus Unnes berlokasi di bilangan Gunung Pati dan juga memiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Universitas Negeri Semarang (Unnes) sudah lolos akreditasi BAN-PT pada Juli 2019 dengan skor yang juga memuaskan. Predikat A untuk jurusan Kesehatan Masyarakat ini berlaku hingga tahun 2024 nanti.

5. Universitas Diponegoro

Di Undip, jurusan ini juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jadi di kota Semarang, kamu juga bisa mempertimbangkan kampus lain selain Unnes apabila hendak memilih jurusan atau Program Studi Kesehatan Masyarakat terbaik.

6. Universitas Airlangga

Kabar baiknya Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga baru saja lolos akreditasi BAN-PT pada bulan Juni 2019 yang lalu. Bahkan Unair lolos dengan nilai sangat memuaskan sehingga mendapat predikat A. Universitas Airlangga sangat cocok sebagai rekomendasi kampus Kesehatan Masyarakat di area Jawa Timur.

7. Universitas Hasanuddin

Kampus yang terletak di luar Pulau Jawa, dan memiliki Program Studi Kesehatan Masyarakat yang sudah berpredikat A ini bisa kamu temui di Sulawesi Selatan. Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin sudah lolos akreditasi BAN-PT tahun 2017 dengan predikat A.

Nah, jika kamu tertarik dengan jurusan Kesehatan Masyarakat. Yuk, rencanakan mulai dari sekarang untuk masuk jurusan ini.

 

Sumber:

https://campus.quipper.com/majors/id-kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.