Cermati 5 Jenis Sertifikat SNMPTN yang Bisa Dilampirkan

Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan menuju SNMPTN. Tentunya, berbagai berkas yang perlu dilampirkan seperti NISN, NPSN, nilai rapor, dan tentunya sertifikat prestasi yang menjadi pendukung nilai akademik.

Bagi kamu yang sudah berjuang keras dengan ikut berbagai lomba dan menjadi juara., bisa banget untuk melampirkan sertifikat itu saat mendaftar SNMPTN. Mengutip dari laman ruangguru.com bahwa sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya.

Jenis Sertifikat untuk Mendaftar SNMPTN

Lampiran  piagam dan sertifikat memiliki pengaruh yang baik untuk penilaian dalam proses seleksi SNMPTN. Umumnya, piagam dan sertifikat yang setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang paling baik.

Selain itu, sebaiknya sertifikat yang akan kamu lampirkan disesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih. Singkatnya, sertifikat tersebut relevan dengan jurusan.

sertifikat SNMPTN
Sumber: google foto

Misalnya, jika kamu ingin mendaftar jurusan Kedokteran, maka lampirkan sertifikat Olimpiade Biologi tingkat Nasional. Yuk, simak penjelasan beikut ini, supaya kamu lebih jelas mengenai jenis sertifikat yang bisa dilampirkan.

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Kamu bisa melampirkan Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada saat mendaftar SNMPTN. Sertifikat ini sangat relevan apabila kamu mendaftar di jurusan yang berkaitan dengan Biologi, Kimia, Fisika, bahkan Kedokteran.

Tentunya, sertifikat OSN memiliki bobot nilai yang baik lho karena berada pada taraf  nasional. Kamu bisa mempertimbangkan dengan jurusan dan kampus yang akan dipilih. Kampus dengan jurusan terbaik tentunya akan memilih calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidangnya.

Perlu diketahui juga bahwa OSN telah berubah nama menjadi KSN atau Kompetisi Sains Nasional. Berbagai bidang yang dilombakan pada kompetisi ini antara lain Ekonomi, Geografi, Kebumian, Biologi, Astronomi, Informatika, Matematika, Kimia, dan Fisika.

Baca juga: Portofolio SNMPTN dan UTBK SBMPTN

2. Sertifikat Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN)

Kalau tadi sertifikat yang berkaitan dengan keilmuan, nah ada juga sertifikat di bidang seni yaitu Sertifikat Festival Lomba Seni Nasional (FL2SN).  Jika ingin melatih bakat dan fokus pada bidang seni di perguruan tinggi, kamu juga bisa melampirkan sertifikat ini lho. FL2SN terbagi atas dua macam kategori lomba, yaitu Seni Pertunjukan dan Seni Penciptaan.

Sertifikat yang akan dilampirkan bisa berasal dari berbagai lomba, seperti Desain Poster, Film Pendek, Komik Digital, dan lain sebagainya.

3. Sertifikat Lomba Karya Ilmiah Remaja

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai salah satu lembaga yang seringkali menyelenggarakan kompetisi atau Lomba Karya Ilmiah Remaja.

Beberapa kategori bidang keilmuan yang dilombakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan.

Nah, kalau memiliki prestasi di bidang penelitian ini, kamu bisa mendaftarkan di berbagai jurusan. Kampus seperti ITB yang mengedepankan berbagai riset juga bisa tertarik memilih kamu sebagai mahasiswa lho. Jadi, manfaatkan peluangmu sebaik mungkin ya.

4. Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Apakah kamu sudah tertarik dengan bidang olahraga dan seringkali memperoleh prestasi di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)? Tentunya, kamu sudah menjadi atlet olahraga yang beprestasi.

Bisa banget lho, kamu melampirkan sertifikat tersebut untuk mendaftar SNMPTN. Apalagi kamu memilih jurusan kuliah di bidang olahraga, hal itu jadi nilai tambah yang baik untuk proses seleksi SNMPTN.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ini mencakup atletik lari, lompat jauh, bulutangkis, karate, pencak silat, dan renang. Yuk, lampirkan sertifikatmu ini.

sertifikat SNMPTN
Sumber: google foto

5. Sertifikat Lomba Debat atau Cerdas Cermat

Kesempatan yang sama juga berlaku bagi kamu yang memiliki sertifikat Lomba Debat untuk melampirkannya saat mendaftar SNMPTN. Kamu bisa banget meningkatkan nilai tambah pada proses seleksi SNMPTN.

Misalnya, Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Olimpiade APBN, khususnya Lomba Cerdas Cermat untuk Siswa SMA/SMK/MA.

Nah, apakah kamu sudah menyiapkan segala berkas termasuk sertifikat yang dimiliki? Semoga penjelasan sertifikat untuk SNMPTN bisa menjadi peluang untuk lolos ke perguruan tinggi impianmu ya. Tetap semangat untuk menghadapi SNMPTN.

 

Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/sertifikat-untuk-snmptn

Leave a Reply

Your email address will not be published.