Coba Ikuti! Cara Menghitung Nilai Rapor untuk Peluang Lolos SNMPTN 2022

Sudahkah kamu menyiapkan untuk pendaftaran SNMPTN? Tentunya, kamu sudah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Nah, komponen utama sebagai penilaian dalam SNMPTN adalah nilai rapor. Kamu bisa mengikuti jalur ini apabila memiliki nilai rapor yang baik. Jadi, bagaimana cara menghitung peluang lolos SNMPTN berdasarkan nilai rapor? Simak penjelasannya.

Ketentuan Nilai Rapor untuk SNMPTN

Jika kamu ikut SNMPTN, proses seleksinya menggunakan nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5. Ditambah lagi, siswa yang memenuhi kriteria dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang boleh mengikuti jalur ini.

Pengaruh nilai rapor berkaitan langsung dengan peluang lulus siswa dalam SNMPTN 2022. Selain itu, perguruan tinggi akan melakukan penilaian pada setiap satuan pendidikan berdasarkan indeksi sekolah. Daftar indeks sekolah tersebut didapatkan dari dara LTMPT dalam lima tahun terakhir.

cara menghitung peluang lolos SNMPTN
Sumber: google foto

Indeks berisi jumlah siswa yang mendaftar dan diterima pada jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, hingga jalur mandiri di sekolah masing-masing. Kemudian, nilai rerata siswa setiap sekolah akan dikalikan dengan indeks sekolah.

Berdasarkan perhitungan tersebut akan didapatkan nilai akhir yang akan dipilah oleh perguruan tinggi dalam proses seleksi SNMPTN. Jadi, LTMPT hanya menyediakan semua datanya.

Sebenarnya, nilai rapor ini sifatnya relatif pada setiap sekolah. Oleh karena itu, tetap bergantung pada indeks sekolah. Akan tetapi, prestasi lainnya seperti pencapaian nasional, regional, local, dan sebagainya. Hal ini akan menjadi bagian nilai akhir yang ditambahkan.

Baca juga: Kenali 7 Kesalahan dalam Persiapan UTBK SBMPTN

Cara Menghitung Nilai Rapor untuk SNMPTN 2022

1. Sekolah Menengah Atas (SMA)

Perhitungan nilai rapor untuk SNMPTN diperoleh dari beberapa mata pelajaran dan dibedakan dari progam jurusan pada jenjang SMA sebagai berikut.

  • Jurusan IPA : Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Program Jurusan IPS : Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa : Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

2. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Setiap jurusan di SMK memiliki standar kompetensi keahlian yang berbeda. Komponen mata pelajaran yang masuk dalam perhitungan nilai rapor untuk SNMPTN yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (semua nilai teori dan praktik kejuruan).

Contoh Perhitungan Nilai Rapor Berdasarkan Mata Pelajaran untuk SMA dan SMK

Di SNMPTN nanti, kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan juga nilai pada portal SNMPTN. Lantas bagaimana cara perhitungan nilai rapor untuk SNMPTN 2022, bagi siswa SMA dan SMK? Dilansir dari laman ruangguru.com, berikut ini contoh perhitungan nilai rapor untuk SMA Jurusan IPA.

cara menghitung peluang lolos SNMPTN
Sumber: google foto

1. Contoh untuk SMA Jurusan IPA

Ivana Jurusan IPA dengan nilai rapor Fisika dari semester 1 hingga 5 sebagai berikut:

Fisika: 90+88+92+98+90=458

Jadi rata-ratanya 458/5=91,6

Jadi nanti untuk pengisian nilai rata-rata untuk mata pelajaran fisika adalah 91,6. Begitu pula dengan 5 mata pelajaran lain yang termasuk dalam mapel untuk SMA jurusan IPA.

2. Contoh untuk SMA Jurusan IPS

Dina Jurusan IPS dengan nilai rapor mata pelajaran Sosiologi semester 1 hingga semester 5 sebagai berikut:

Sosiologi: 88+80+82+85+90=425

Jadi rata rata 425/5=85

Untuk pengisian nilai Sosiologi dapat diisi 85. Begitu pula dengan 5 mata pelajaran lain yang termasuk dalam mapel SMA Jurusan IPS.

3. Contoh untuk SMA Jurusan Bahasa

Adisti Jurusan Bahasa dengan nilai rapor Antropologi dari semester 1 sampai semester 5 sebagai berikut:

Antropologi: 90+90+98+100+92=470

Jadi, rata-ratanya 470/5=94. Untuk pengisian nilai pada mata pelajaran Antropologi dapat diisi 94. Cara yang sama dapat dipraktikkan untuk menghitung 5 mata pelajaran lainnya.

4. Contoh untuk SMK

Arkhan adalah pelajar SMK dengan Jurusan Teknik Permesinan. Lantas bagaimana cara perhitungan untuk mata pelajaran Kompetensi Keahlian? Sebab, untuk mata pelajaran lainnya dapat menggunakan cara yang sama layaknya SMA.

Jadi, di SMK biasanya mata pelajaran untuk Kompetensi Keahlian setiap semesternya berbeda. Cara untuk menghitung rata-ratanya adalah sebagai berikut.

  • Pada Semester 1 memiliki 5 kompetensi keahlian, jadi jumlahkan semuanya lalu dibagi 5, hasilnya adalah a.
  • Semester 2 memiliki 7 kompetensi keahlian, jadi jumlahkan semuanya lalu dibagi 7, hasilnya adalah b.
  • Pada Semester 3 memiliki 6 kompetensi keahlian, jadi jumlahkan semuanya lalu dibagi 6, hasilnya adalah c.
  • Selanjutnya, hingga semester 5, hitung dengan mengikuti banyaknya kompetensi keahlian yang ada.

Lalu, untuk nilai rata-ratanya dapat diperoleh dari a+b+c+d+e dibagi dengan 5. Cukup jelas bukan? Nah, cara ini juga berlaku bagi jurusan lainnya ya!

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menghitung peluang lolos SNMPTN? Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah siap menghitung nilai rapor kamu? Tentunya, sekarang sudah masuk tahap pendaftaran SNMPTN ya. Kamu bisa mulai menghitung nilai rerata setiap mapel yang akan diinput oleh pihak sekolah kepada LTMPT. Yuk, persiapkan mulai dari sekarang. Semangat dan pantang menyerah untuk meraih kampus impian ya.

 

Sumber:

https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5890123/berapa-rata-rata-nilai-rapor-yang-dibutuhkan-agar-lulus-snmptn-2022

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-entrance/n-cara-menghitung-nilai-rapor-untuk-snmptn-2022/

Leave a Reply

Your email address will not be published.