7 Cara Mencari Tahu Minat dan Bakat untuk Memilih Jurusan

Apakah kamu sudah mengetahui minat dan bakatmu? Tentunya, kedua hal tersebut menjadi sulit untuk diketahui diri sendiri. Padahal penting banget lho buat kamu yang bakalan memilih jurusan kuliah. Nah, ada cara mencari tahu minat dan bakat agar kamu nggak salah pilih jurusan, lho.

Jika mengetahui minat dan bakatmu sebelum memilih jurusan kuliah, kamu akan memperoleh keputusan dan pilihan yang tepat serta lebih merasa senang menikmati proses perkuliahan. Hal ini tentunya juga akan berdampak dengan hasil yang diperoleh. Kamu akan mencapai hasil yang maksimal daripada menjalani perkuliahan karena terpaksa atau ikut-ikutan teman.

Lalu, bagaimana caranya mengetahui bakat dan minat sebelum memilih jurusan kuliah? Yuk, simak penjelasannya ya.

1. Kenali dari Hobi dan Kesukaan

Dilansir dari klikdokter.com bahwa hal-hal yang kamu minati dan kuasai dapat memainkan peranan penting dalam membangun kepercayaan diri dan semangat.

Jadi, hal apa yang paling sering dilakukan dam paling bikin kamu senang? Hobi dan kesukaanmu akan memberikan petunjuk mengenai apa minat dan bakat kamu yang sebenarnya. Misalnya, hobi menulis atau menggambar, kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan hal tersebut seperti jurusan Seni dan Sastra.

Selain itu, peran orangtua juga turut mendukung dalam mengenali hobi dan kesukaan kamu. Dijelaskan oleh Ikhsan Belia Persada, M.Psi dalam klikdokter.com, bahwa orangtua juga perlu mengamati hobi atau kegiatan yang sering anak lakukan setiap harinya. Yuk, amati bidang apa yang paling kamu gemari selama ini.

cara mencari tahu minat dan bakat
Sumber: google foto

2. Lihat Kelebihan yang Dimiliki

Biasanya, beberapa di antara kamu akan sulit untuk menyadari apa yang menjadi kelebihan diri sendiri. Kamu bisa memilih jurusan melalui kelebihan yang dimiliki.

Kamu bisa membuat list hal-hal apa yang selama ini dikuasai dan nyaman saat melakukannya. Tulis juga kesulitan-kesulitan yang selama ini kamu hadapi di masa sekolah. Cara ini dapat membantu menghindari kesalahan dalam menentukan minat dan bakat.

Melansir Lifehack dalam klikdokter.com bahwa kita perlu melihat apa yang sudah dikerjakan selama ini untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki. Ingatlah hal yang membuat kamu merasa memiliki power atau kepercayaan diri dalam melakukannnya.

Baca juga: Cermati 5 Jenis Sertifikat SNMPTN yang Bisa Dilampirkan

3. Cari Tahu dan Tulis Semua Hal yang Disukai

Barangkali nggak mudah bagi kamu untuk menentukan satu hal yang benar-benar disukai. Biasanya, kamu menyukai beberapa hal sekaligus dalam waktu bersamaan atau bahkan merasa tidak menyukai apapun.

Nah, jika merasa sulit untuk menentukannya, kamu bisa mencoba untuk menyeleksi dan menemukan beberapa hal yang paling disukai. Singkatnya, kamu harus lebih menggali minatmu terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu dalam menemukan bakat yang terpendam di dalam diri sendiri.

Setelah mengetahui beberapa hal yang disukai, tuangkan minat kamu ini ke dalam tulisan. Hal ini akan memudahkan dalam mengenali dan memilih mana minat yang sesuai dengan dirimu.

cara mencari tahu minat dan bakat
Sumber: google foto

4. Amati Cara Menyelesaikan Aktivitas Sehari-hari

Selain mengetahui hobi, kesukaan, bahkan kelebihanmu, kamu bisa menemukan minat dan bakat dengan mengamati aktivitas sehari-hari selama ini. Kira-kira seberapa cepat dan nyaman dalam menyelesaikannya?

Pada dasarnya, bakat berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki. Bakat merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seorang untuk belajar dalam tempo yang relative cepat dan tepat dibandingkan dengan orang lain dengan hasil pencapaian yang justru lebih baik. Dapat dikatakan bahwa bakat juga berkaitan kelebihan dalam bentuk kemampuan yang kamu miliki.

Singkatnya, apabila kamu menyelesaikan aktivitasmu dengan lebih baik, hal itu akan menjadi potensi bakat dirimu sendiri yang akan membuatmu merasa lebih nyaman juga saat melakukannya.

Misalnya, kamu menjadi orang yang sering mendengarkan cerita dari anggota keluarga bahkan teman-teman dan memberikan masukan dari sebuah permasalahan, dapat dikatakan bahwa kamu sering melakukan konseling kepada anggota keluarga. Hal ini bisa menjadi arahan atas bakat yang ada di dalam dirimu.

5. Lihat dari Siapa yang menjadi Tokoh Idola?

Coba siapa tokoh yang kamu gemari dan mengapa sangat mengidolakannya? Terkadang, tokoh yang kamu sukai juga dapat menginspirasi untuk mengenali apa yang ingin dilakukan kelak nanti.

Selain itu, cobalah kamu temukan setidaknya tiga orang yang sangat menginspirasi. Kemudian, pikirkan secara spesifik mengenai masing-masing hal dari mereka yang membuatmu terinspirasi.

Misalnya, karena pencapaiannya, kecerdasannya, inovasi yang dibuatnya, dan sebagainya. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui nilai-nilai atau kelebihan yang kamu miliki, yang nantinya juga akan menjadi bagian dari apa minat kamu sesungguhnya.

6. Lihat dari Prestasi yang Pernah Dicapai

Coba kamu ingat kembali mengenai prestasi apa yang pernah didapatkan. Meskipun tidak besar, barangkali hal itu bisa menjadi gambaranmu untuk memiliki minat dan bakat di bidang tersebut.

Misalnya, kamu memiliki nilai bahasa Inggris yang paling tinggi di kelas dan kerapkali mengikuti lomba bahasa Inggris.

Nah, hal tersebut bisa menjadi pertimbanganmu untuk masuk ke jurusan Sastra Inggris. Sebab, kamu sudah menyadari apa yang menjadi kemampuan sebagai bakatmu.

7. Tanyakan pada Orang Terdekat

Terkadang penilaian orang terdekat lebih baik daripada kita sendiri. Coba deh tanyakan, apa yang membuatmu spesial di mata mereka? Bisa itu kepada teman, sahabat, dan keluarga.

Setelah itu, evaluasi apakah kelebihan tersebut memang sudah ada sejak dahulu pada kepribadianmu atau masih terus berkembang. Cocokkan dengan jawaban dari orang-orang yang kamu tanyakan untuk mengetahui secara pasti apa minat dan bakatmu.

Nah, apakah kamu sudah menemukan cara untuk mengetahui minat dan bakatmu? Kalau masih belum yakin, kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga bahkan platform online. Semangat untuk menemukan minat dan bakatmu ya. Semoga kamu segera bisa memutuskan untuk masuk kuliah jurusan apa.

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649623/cara-mengenali-minat-dan-bakat-anak-sebelum-kuliah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.